Pemodelan Proses Bisnis (Studi Kasus PD. Simpati Sumedang)
DOI:
https://doi.org/10.33481/infomans.v11i1.39Keywords:
Proses Bisnis Inti, BPD, BPMN, Pemodelan Proses Bisnis, As-is Model, Proses Pemenuhan OrderAbstract
Perusahaan dapat mencapai keunggulan bersaing melalui proses bisnisnya. Proses bisnis merupakan serangkaian aktivitas yang dilakukan baik secara paralel maupun berurutan untuk mencapai suatu tujuan. Dalam perusahaan terjadi konversi dari input menjadi output dan di perlukan banyak proses yang saling berhubungan dari fungsi - fungsi struktural yang ada. Analisis proses bisnis perlu dilakukan oleh perusahaan agar dapat mengevaluasi proses bisnis yang ada sehingga diketahui area perbaikan proses yang perlu dilakukan. Pemodelan proses bisnis merupakan tahapan yang penting dalam analisis proses bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi proses bisnis pada PD. Simpati dan membuat pemodelan proses bisnis yang sedang berjalan (As-Is Model) pada PD. Simpati. Metode BPMN digunakan dalam penelitian ini. BPMN adalah singkatan dari Business Process Modeling Notation, yaitu suatu metode pemodelan proses bisnis, dan juga sebagai alat desain pada sistem yang berbasis pesan (message-based). Hasil penelitian mengidentifikasi proses bisnis inti pada PD. Simpati terdiri dari proses pemasaran, pemenuhan order, dan layanan pelanggan. Proses bisnis inti yang paling krusial yaitu proses pemenuhan order dibuat pemodelannya dengan Business Process Diagram (BPD) menggunakan elmen-elemen dalam BPMN
Downloads
References
[2] Harmon, Paul. 2007. Business Process Change: A Guide for Business Managers and BPM and Six Sigma Professionals. 2nd Edition. Morgan Kaufmann Publisher. Burlington, USA.
[3] Grosskopf, Decker and Weske. 2009. The Process: Business Process Modeling using BPMN. Meghan Kiffer Press.
Portugal, V., dan Sundaram, D. 2006. Business Processes: Operational Solutions for SAP Implementations. IRM Press. Hershey, USA.
Weske, Mathias. 2007. Business Process Management: Concepts, Languages, Architectures. Springer. Berlin
Wibisono, D. 2006. Manajemen Kinerja: Konsep, Desain, dan Teknik Meningkatkan Daya saing Perusahaan. Erlangga. Jakarta, INA.
http://immahinayati.dosen.narotama.ac.id/files/2014/04/BPMN.pdf (diakses 21 September 2016)